Kamis, 25 November 2010

penerapan penggerakan dalam organisasi mahasiswa / pemuda

i. Pendahuluan
1. Penggerakan atau Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).

ii. Isi
Dalam bahasa asingnya, terdapat beberapa istilah yang merupakan terminologi untuk penggerakkan, diantaranya sebagai berikut:

• Directing, yakni menggerakkan orang-orang lain dengan memberikan berbagai pengarahan.
• Actuating, yaitu mengerakkan orang lain secara umum.
• Leading, yaitu menggerakkan orang lain dengan cara menempatkan diri di muka orang-orang yang digerakkan, untuk menjadikan diri sebagai contoh dalam menuju tujuan.
• Commanding, adalah menggerakan orang lain yang disertai adanya unsur paksaan.
• Motivating, yaitu menggerakkan orang lain memberikan alasan terlebih dahulu, mengapa hal tersebut harus dilaksanakan.

Ada beberapa pendapat para ahli tentang definisi dari teori dasar penggerakan (motivating) :
1. Terry mengatakan bahwa Pergerakan (Motivating) merupakan usaha untuk menggerakkan anggota kelompok sedemikian rupa sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan yang bersangkutan dan anggota perusahaan tersebut oleh karena anggota itu ingin mencapai sasaran tersebut.
2. Mitchel berpendapat bahwa Motivasi mewakili proses psikologikal yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya dan terjadinya persistensi kegiatan sukarela yang diarahkan ke arah tujuan tertentu.
3. Robbin mendefinisikan Motivasi sebagai kesediaan untuk melaksanakan upaya tinggi untuk mencapai tujuan organisasi yang di kondisi oleh kemampuan, upaya demikian untuk memenuhi kebutuhan individual tertentu. Motivasi berhubungan dengan jiwa manusia dan pola prilaku manusia seutuhnya dan berbicara manusia selalu berhubungan dengan sebuah kebutuhan.
4. Kesimpulan dari defenisi diatas adalah bahwa penggerakan adalah suatu usaha untuk menggerakan anggota kelompok atau individu yang berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sebuah perusahaan tersebut untuk menggerakan dalam organisasi yang dibentuk dalam memenuhi kebutuhan individual tersebut.
iii. Kesimpulan :
Penggerakan dalam suatu organisasi memiliki beberapa fungi yang diantaranya :
• Untuk mempengaruhi seseorang supaya bersedia menjadi pengikut.
• Melunakkan daya resistensi pada seseorang.
• Untuk membuat seseorang suka mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.
• Untuk mendapatkan, memelihara serta memupuk kesetian, kesayang, kecintaian terhadap pemimpin, tugas serta organisasi tempat mereka kerja.
• Untuk memupuk rasa tanggung jawab pada seseorang terhadap tuhannya, negara, masyarakat serta tugas yang telah diembannya.


Iv. daftar pustaka :
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2035438 pengertian-pengerakkan-motivation/
http://www.find-docs.com/bagan-actuating-atau-penggerakan-doc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar