Rabu, 24 Oktober 2012

Software akuntansi yang sering dipakai di pasaran.


Software akuntansi yang sering dipakai di pasaran.
Dewasa ini, penggunaan software accounting sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil untuk lebih mempermudah melakukan proses-proses yang akuntansi seperti penjurnalan, pembuatan laporan keuangan, penyusunan daftar gaji, dll.
Didasari oleh maraknya penggunaan software atau perangkat lunak akuntansi ini, pengembang software pun berlomba-lomba untuk menyediakan software yang terbaik untuk perusahaan-perusahaan tersbut. Software yang ada pun semakin berkembang pesat dan semakin mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah software-software akuntansi yang lazim digunakan oleh perusahaan antara lain:
1.       Zahir Accounting sebagai Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik ini menjadi akademik partner. Software Akuntansi ini dapat digunakan oleh para guru dan dosen sebagai pengenalan dan pembelajaran program akutansi lanjutan yang lebih professional bagi pelajar dan Mahasiswa. dan menjadikannya software akutansi ini untuk menjadi referensi modul akutansi yang akan dipraktekkan pada lingkungan kerja.
2.       Ksystem adalah sebuah software akuntansi yang sudah siap pakai dan masih bisa disesuaikan dengan keperluan Supermarket, dirancang untuk usaha mini market atau supermarket lengkap dengan cara yang operasional yang mudah.
Kelebihan:
1.   Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.
2.   Desain user interface (tampilan)  menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.
4.   Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.
5.   Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.
6.   Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan.
7.   Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
8.   Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan  mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry
9.   Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
10.  Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
11.  Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti:
            - Multi currency, multi price, multi discount.
- Serial number.
- Lot number dan expire date.
- Giro mundur.
- Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena bersifat real time.
- Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis).
Kelemahan:
1.   Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
2.   Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
3.   Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian.
4.   Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
5.   Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
Setiap software akuntansi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Software akuntansi yang paling baik adalah software yang memiliki fitur yang lengkap dan mencakup segala prsoses-proses akuntansi selain itu juga memiliki kemudahan dalam hal pengoperasiam sehingga dapat disesuaikan oleh user atau pengguna .

Kelebihan K-System:
1.      Memberi beberapa pilihan untuk penggunanya yang akan melakukan komputerisasi karena K-System adalah suatu program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis menggunakan Bahasa Indonesia serta memiliki banyak pendukung .
K-System dapat digunakan pada Windows dan Linux. Pada saat ini K -System sedang dikembangkan ke Web Based.
2.      Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma-cuma dan dapat dipakai sepenuhnya di perusahaan. Bagi perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di perusahaannya.
Kekurangan K-System:
1.      Untuk keamanan dan purna jual yang stabil, K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa suah termasuk penyesuaian program & laporan.
2.       Komputerisasi bukanlah hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, terintegrasi, teruji dan banyak pendukungnya.
3.       Source program tidak diserahkan oleh pihak penyewa sehingga program susah untuk disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
Dari ulasan dua software akuntansi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa software terbaik adalah Zahir Accounting karena menggunakan bahasa Indonesia, mudah digunakan dan  juga dilengkapi dengan grafik yang dapat mempermudah analisis data yang dapat digunakan untuk melakukan pegambilan keputusan pada perusahaan.

4 komentar:

  1. saya tambahin mas software akuntansi acumatica erp
    softwarenya make sistem cloud jd bisa di akses kapanpun dan dimanapun.. jadi cocok buat ngembangin usaha

    BalasHapus
  2. Software akuntansi Easy Accounting System lebih bagus karena lebih stabil dan ada fitur import transaksi dari excel langsung ke system.

    www.easyaccountingstore.com
    download software easy

    BalasHapus
  3. Disini juga ada software Akuntansi loh.
    Pensaran? Langsung aja coba klik Download Software Akuntansi

    BalasHapus